Beranda » Informasi & Inspirasi » Manfaat Propolis dalam Melawan Penyakit

Manfaat Propolis dalam Melawan Penyakit

Diposting pada 11 October 2020 oleh Andre Walkers | Dilihat: 379 kali | Kategori:

Manfaat Propolis dalam Melawan Penyakit

Manfaat Propolis Lebah Meningkatkan Kekebalan Tubuh Manusia dalam Melawan Penyakit khususnya akibat Virus, Bakteri dan Jamur

Apa Itu Propolis?

Propolis lebah didefinisikan sebagai campuran resin yang dihasilkan lebah madu dengan menggabungkan air liur dan lilin lebah mereka sendiri dengan zat-zat yang keluar dari kuncup pohon, aliran getah dan sumber tumbuhan lainnya. Warna propolis dapat bervariasi tergantung pada apa yang dikumpulkan lebah dari alam untuk membuatnya, tetapi biasanya propolis lebah memiliki warna coklat tua.

Propolis memiliki tujuan besar dalam dunia lebah madu. Mereka menggunakannya untuk menutup retakan dan celah kecil yang tidak diinginkan di sarang (celah yang lebih besar diisi dengan lilin lebah). Ini sangat penting karena jika bukaan ini tidak ditutup dengan benar, sarang mungkin memiliki beberapa penjajah yang sangat mengancam seperti ular dan kadal.

Ketika para ilmuwan telah melihat lebih dekat pada komposisi kimia propolis yang tepat, mereka telah menemukan bahwa sebenarnya propolis mengandung lebih dari 300 senyawa alami, termasuk asam amino, kumarin, aldehida fenolik, polifenol, kuinin sequiterpene dan steroid. Secara umum, propolis mentah terdiri dari sekitar 50 persen resin, 30 persen lilin, 10 persen minyak esensial, 5 persen serbuk sari, dan 5 persen dari berbagai senyawa organik.

Hal yang menarik tentang propolis, yang juga berlaku untuk madu, adalah komposisinya yang selalu bervariasi tergantung pada waktu pengambilan yang tepat, lokasi pengumpulan dan sumber tanaman. 

Jika Anda berpikir bahwa propolis lebah adalah kegemaran kesehatan baru, saya ingin memberi tahu Anda bahwa penggunaan produk lebah ini dikatakan sudah ada sejak zaman Aristoteles sekitar 350 SM. Orang Mesir kuno juga dikenal karena menggunakan propolis dalam proses mumifikasi mereka sementara orang Yunani dan Asiria kuno menyukainya karena kemampuannya dalam menyembuhkan luka dan tumor. 

Sains dan pengalaman pribadi terus menunjukkan bahwa propolis lebah tetap menjadi bahan obat yang luar biasa hari ini. 

Manfaat Konsumsi Propolis untuk Kesehatan

1. Membantu Memerangi Kanker

Salah satu manfaat propolis lebah favorit saya adalah tampaknya memiliki sifat anti-tumor dan antikanker. Saat ini terdapat lebih dari 300 studi ilmiah dan artikel yang berfokus pada propolis dan pengobatan kanker. Dua polifenol propolis khususnya tampaknya menjadi agen antitumor yang paling manjur. Mereka adalah fenetil ester asam caffeic dari poplar propolis dan Artepillin C dari Baccharis propolis.

Para ilmuwan percaya bahwa kemampuan propolis untuk mencegah kanker berkembang pada model hewan dan kultur sel manusia kemungkinan besar hasil dari kemampuannya untuk menghambat sintesis DNA dalam sel tumor serta kemampuannya untuk menginduksi apoptosis (kematian sel terprogram) sel tumor. .

Sebuah studi tahun 2016 mengevaluasi efek ekstrak propolis dari wilayah utara Thailand terhadap pertumbuhan sel kanker. Semua ekstrak menunjukkan aktivitas antioksidan yang tinggi serta kandungan fenolik dan flavonoid yang tinggi. Secara keseluruhan, ekstrak propolis menunjukkan aktivitas antikanker dan memperpanjang kelangsungan hidup subjek hewan yang sudah menderita tumor.

Studi ini menyimpulkan, “Dari temuan ini, terbukti bahwa ekstrak propolis dapat dianggap sebagai agen yang diperoleh secara alami yang sangat berguna dalam pengobatan kanker.”

Simbol Peduli Kanker

Jamur Candida

2. Mengobati Gejala Jamur Candida

Candida atau kandidiasis adalah infeksi yang disebabkan oleh Candida Albicans, jamur mirip ragi. Ini adalah jenis infeksi jamur yang paling umum ditemukan di mulut, saluran usus dan vagina, dan dapat mempengaruhi kulit dan selaput lendir lainnya. Jika sistem kekebalan berfungsi optimal, jenis infeksi jamur ini jarang serius. Namun, jika sistem kekebalan tidak berfungsi dengan baik, infeksi kandida dapat berpindah ke area lain di tubuh, termasuk darah dan selaput di sekitar jantung atau otak. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research menemukan bahwa ekstrak propolis menghambat kandidiasis oral pada 12 pasien dengan peradangan dan kandidiasis terkait gigi tiruan. Penelitian lain yang diterbitkan pada tahun 2011 di Journal of Medicinal Food mengungkapkan bahwa propolis tampaknya menjadi produk lebah dengan aktivitas antijamur tertinggi seperti yang ditunjukkan oleh pengaruhnya pada 40 strain ragi yang berbeda, termasuk Candida Albicans. Produk lebah lain yang diuji termasuk madu, bee pollen, dan royal jelly.

3. Menghentikan Reproduksi Herpes (Cold Sores)

Infeksi virus herpes simpleks (HSV) sangat umum. HSV-1 adalah penyebab utama infeksi herpes pada mulut dan bibir, yang umumnya dikenal sebagai luka dingin dan lepuh demam. Virus herpes dapat hidup tidak aktif di dalam sistem kekebalan seseorang seumur hidup, secara berkala menyebabkan lepuh yang pecah dan berubah menjadi luka atau bisul terbuka sebelum sembuh.

Jika dibiarkan, herpes cold sore biasanya berlangsung sekitar 10 hingga 14 hari dan tidak nyaman karena berbagai alasan – menyebabkan kemerahan, nyeri, sensasi terbakar, dan seringkali rasa malu. HSV-1 juga dapat menyebabkan herpes genital, tetapi HSV-2 adalah penyebab utama herpes genital.

Kabar baiknya, penelitian tabung reaksi telah menunjukkan bahwa propolis dapat menghentikan reproduksi HSV-1 dan HSV-2. Sebuah penelitian terhadap orang dengan herpes genital membandingkan salep dengan propolis dengan salep Zovirax, yang merupakan pengobatan konvensional umum untuk herpes genital yang mengurangi gejala infeksi.

Apa yang ditemukan para peneliti? Subjek yang menggunakan salep propolis mengalami lesi yang sembuh lebih cepat dibandingkan dengan yang menggunakan salep Zovirax topikal. Studi lain juga mengungkapkan bahwa salep propolis 3 persen kemungkinan bisa mengurangi rasa sakit dan durasi cold sore. Hal ini menjelaskan mengapa banyak lip balm alami yang dirancang untuk mengobati sakit dingin dan lepuh demam mengandung propolis.

Virus Herpes

Pilek dan Batuk

4. Mencegah dan Mengobati Pilek dan Sakit tenggorokan

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa ekstrak propolis secara alami dapat mencegah serta mempersingkat durasi flu biasa, yang sering kali termasuk sakit tenggorokan yang menakutkan. Satu studi memberikan ekstrak propolis berair kepada sekelompok anak sekolah yang sangat muda selama “musim dingin” selama satu tahun. Dosis harian yang tepat tidak diberikan, tetapi anak-anak yang diobati dengan propolis mengalami lebih sedikit pilek dengan gejala akut atau kronis. Ekstrak propolis juga dapat ditoleransi dengan baik. 

Dalam evaluasi ilmiah lain tentang efek propolis lebah pada flu biasa, kelompok yang mengonsumsi ekstrak propolis (jumlah tidak ditunjukkan) menjadi lebih cepat bebas dari gejala dibandingkan kelompok plasebo. Secara khusus, gejala pilek pada peminum propolis hilang dua setengah kali lebih cepat daripada subjek yang mengonsumsi plasebo.

5. Infeksi Parasit

Giardiasis adalah infeksi parasit yang dapat terjadi di usus kecil dan disebabkan oleh parasit mikroskopis yang disebut Giardia lamblia. Anda dapat tertular giardiasis dari kontak dengan orang yang terinfeksi atau dengan makan makanan atau air minum yang terkontaminasi. Sebuah uji klinis mengamati efek ekstrak propolis pada 138 pasien giardiasis, baik dewasa maupun anak-anak. Para peneliti menemukan bahwa ekstrak propolis menghasilkan tingkat kesembuhan 52 persen pada anak-anak dan tingkat eliminasi 60 persen pada orang dewasa

Parasit

Endometriosis

6. Meningkatkan Kesuburan Wanita dengan Endometriosis

Sebuah uji coba terkontrol secara acak melihat efek suplementasi propolis pada wanita dengan infertilitas dan endometriosis ringan. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi propolis lebah dengan dosis 500 miligram dua kali sehari selama enam bulan menghasilkan tingkat kehamilan 60 persen dibandingkan dengan hanya 20 persen pada kelompok plasebo. 

Studi belum menunjukkan apakah propolis juga dapat bermanfaat bagi wanita subur tanpa endometriosis

Propolis adalah antibiotik alami murni.

“Pasien tidak mendapat kekebalan dari antibiotik jenis ini, reaksi alergi sangat jarang terjadi, yang tidak bisa dikatakan untuk antibiotik sintetis. Penelitian terbaru di National Heart and Lung Institute di London telah menunjukkan bahwa bio-flavonoid dalam Propolis mampu menghancurkan beberapa bakteri yang sekarang menjadi kebal terhadap antibiotik sintetis modern. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidak mungkin bakteri tumbuh atau beradaptasi dengan Propolis.”

Kesimpulan

Propolis lebah telah melayani lebah madu dan manusia selama berabad-abad. Sementara lebah madu menggunakannya untuk menjaga lubang sarang dan bebas penyerbu, manusia menggunakan propolis lebah baik secara internal maupun eksternal untuk tujuan pengobatan.

Bukankah menarik bagaimana lebah dapat menghasilkan begitu banyak hal yang meningkatkan kesehatan? Sains benar-benar menunjukkan betapa berharganya propolis dalam hal kesehatan kita. Manfaat propolis ini bersifat segalanya mulai dari kanker hingga kemandulan hingga kandida hingga flu biasa. Propolis lebah hanya akan terus membuat kita takjub di tahun-tahun dan studi yang akan datang.

untuk mendapatkan propolis murni asli Melia Sehat Sejahtera, silhkan klik banner dibawah ini

Sumber referensi :

draxe.com/nutrition/bee-propolis/

propolis.com.au/propolis-research.htm

Bagikan

Manfaat Propolis dalam Melawan Penyakit | Propolis Original

Komentar (8)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka
Chat via Whatsapp
AW 789
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya AW 789
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja